Secara bahasa teknis FUNGSI SISTEM SUSPENSI adalah
1. Penghubung antara roda dan rangka (frame)
2. Menyerap goncangan
3. Mengurangi ayunan pegas sehingga pengendalian stabil
Sistem suspensi = pegas + peredam kejut
Tak kenal maka tak sayang, sayang disini maksudnya tidak seperti kalo kamu sayang dengan calon istri/suamimu, tapi kalo kita mengenal bagian-bagian dari sistem suspensi kita tidak bingung mengapa motor 1 dengan motor lainnya berbeda dari sisi kenyamanan berkendara, walaupun faktor kenyamanan bisa juga dari riding position sepeda motor, tapi yang saya bahas disini adalah dari sisi suspensi. Perhatikan gambar di bawah ini !
CARA KERJA SISTEM SUSPENSI
Pegas dipasangkan diantara roda dan rangka
Goncangan yg diterima pegas akan dikembalikan lagi (rebound) dan pegas akan melakukan gerakan mengayun, sehingga pengendaraan tidak nyaman dan berbahaya.
Pegas dan peredam kejut dipasangkan diantara roda dan rangka
Goncangan akan diterima pegas dan gerakan ayunan pegas akan diredam oleh peredam kejut (shock absorber), sehingga pengendaraan lebih stabil dan nyaman.
0 komentar:
Posting Komentar