Fungsi Dan Cara Kerja

Secara bahasa teknis FUNGSI SISTEM SUSPENSI adalah
1. Penghubung antara roda dan rangka (frame)
2. Menyerap goncangan
3. Mengurangi ayunan pegas sehingga pengendalian stabil
 Sistem suspensi = pegas + peredam kejut

Tak kenal maka tak sayang, sayang disini maksudnya tidak seperti kalo kamu sayang dengan calon istri/suamimu, tapi kalo kita mengenal bagian-bagian dari sistem suspensi kita tidak bingung mengapa motor 1 dengan motor lainnya berbeda dari sisi kenyamanan berkendara, walaupun faktor kenyamanan bisa juga dari riding position sepeda motor, tapi yang saya bahas disini adalah dari sisi suspensi. Perhatikan gambar di bawah ini !

CARA KERJA SISTEM SUSPENSI   


Pegas dipasangkan diantara roda dan rangka

Goncangan yg diterima pegas akan dikembalikan lagi (rebound) dan pegas akan melakukan gerakan mengayun, sehingga pengendaraan tidak nyaman dan berbahaya.

 
Pegas dan peredam kejut dipasangkan diantara roda dan rangka

Goncangan akan diterima pegas dan gerakan ayunan pegas akan diredam oleh peredam kejut (shock absorber), sehingga pengendaraan lebih stabil dan nyaman. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
| Bloggerized by - Premium Blogger Themes | cheap international calls