Suatu sistem mekanis ketika telah digunakan
dalam kurun waktu tertentu pasti mengalami gangguan, karena dalam mekanis
dipastikan ada bagian yang saling bergesekan, sehingga salah satu atau dua atau
lebih yang kalah dalam proses gesekan tersebut, sehingga dipastikan akan kan
mengganggu kinerja dari sistem tersebut, jika tidak ingin terjadi kerusakan
dari suatu sistem mekanis gampang, yaitu tidak usah digunakan ( lempit,
laminating, simpen ) atau jalan saja di jalan yang kondisinya tidak bergelombang.
Disini gangguan-gangguan yang sering
terjadi menurut Technical Service Honda Operation adalah sebagai berikut :
GANGGUAN SUSPENSI DEPAN
1.
Stang kemudi
seret saat berbelok kekiri/kekanan,
kemungkinan penyebab:
a.
Penyetelan/pemasangan bearing steering
head terlalu kencang.
b. Terjadi kesalahan
pemasangan pada bearing steering head.
c. Terjadi kerusakan
pada bearing steering head.
d. Tekanan angin
ban kurang standar.
e. Kesalahan
pemakaian ukuran ban.
2.
Stang kemudi cenderung
berbelok ke satu arah, atau kendaraan tidak dapat bergerak dengan posisi
lurus, kemugkinan penyebab:
a.
Penyetelan/pengaturan suspensi depan
bagian kiri dan kanan tidaksesuai.
b. Terjadi kebengkokan
pada pipa suspensi.
c. Terjadi
kebengkokan pada as roda depan, atau kesalahan pemasangan pada roda depan.
d. Terjadi
kelainan pada steering head bearing.
e. Terjadi
keausan pada bearing roda.
f. Terjadi
keausan pada bagian-bagian swing arm pivot.
3.
Roda depan
oleng, kemungkinanpenyebab:
a. Terjadi
kebengkokan pada peiek.
b. Keausan pada
bantalan roda.
4.
Roda depan
berputar kurang lancar,
kemungkinan penyebab:
a. Terjadi kekeliruan
pada pegas suspensi depan.
b. Kerusakan
pada bantalan roda.
c. Kerusakan
pada gigi speedometer.
5.
Suspensi depan
lemah/terlalu lunak, kemungkinan
penyebab:
a. Terjadi kelemahan
pada pegas suspensi depan
b. Kelainan pada
oli suspensi.
c. Oli suspensi
kuranq.
6.
suspensi depan
keras, kemungkinan penyebab:
a. Terjadi
kebengkokan pada bagian-bagian suspensi.
b. Terjadi
sumbatan pada jalur-jalur olidi dalam pipa suspensi.
c.
Kesalahan pada pengisian
oli suspensi.
GANGGUAN SUSPENSI BELAKANG
1.
Suspensi terlalu
lemah, kemungkinan penyebab:
- Pegas suspensi
lemah.
-
Kebocoranolipada damper unit.
- Penyetelan
kurang Tepat.
2.
Suspensi terlalu
keras, kemungkinan penyebab:
- Kesalahan pada
pemasangan sistim penahanan suspensi.
- Penyetelan
kurang tepat.
- Swing arm
pivot bengkok.
- Kerusakan pada
swing arm pivot bearing.
- Kesalahan pada
suspensi linkage.
- Kerusakan pada linkage
pivot bearing.
0 komentar:
Posting Komentar