Troble Shooting



Suatu sistem mekanis ketika telah digunakan dalam kurun waktu tertentu pasti mengalami gangguan, karena dalam mekanis dipastikan ada bagian yang saling bergesekan, sehingga salah satu atau dua atau lebih yang kalah dalam proses gesekan tersebut, sehingga dipastikan akan kan mengganggu kinerja dari sistem tersebut, jika tidak ingin terjadi kerusakan dari suatu sistem mekanis gampang, yaitu tidak usah digunakan ( lempit, laminating, simpen ) atau jalan saja di jalan yang kondisinya tidak bergelombang.  Disini gangguan-gangguan yang sering terjadi menurut Technical Service Honda Operation adalah sebagai berikut :

GANGGUAN SUSPENSI DEPAN
1.       Stang  kemudi  seret saat berbelok kekiri/kekanan,  kemungkinan penyebab:
a. Penyetelan/pemasangan  bearing steering head terlalu kencang.
b. Terjadi   kesalahan   pemasangan pada bearing steering head.
c. Terjadi   kerusakan   pada   bearing steering head.
d. Tekanan angin ban kurang standar.
e. Kesalahan pemakaian ukuran ban.
2.       Stang kemudi cenderung berbelok ke satu arah, atau kendaraan tidak dapat bergerak dengan  posisi  lurus, kemugkinan penyebab:
a. Penyetelan/pengaturan  suspensi depan bagian kiri dan kanan tidaksesuai.
b. Terjadi  kebengkokan  pada  pipa suspensi.
c. Terjadi kebengkokan pada as roda depan, atau kesalahan pemasangan pada roda depan.
d. Terjadi kelainan pada steering head bearing.
e. Terjadi keausan pada bearing roda.
f.  Terjadi    keausan    pada    bagian-bagian swing arm pivot.

3.       Roda  depan  oleng, kemungkinanpenyebab:
a. Terjadi kebengkokan pada peiek.
b. Keausan pada bantalan roda.
4.       Roda  depan  berputar kurang  lancar, kemungkinan penyebab:
a. Terjadi  kekeliruan  pada  pegas suspensi depan.
b. Kerusakan pada bantalan roda.
c. Kerusakan pada gigi speedometer.
5.       Suspensi  depan  lemah/terlalu  lunak, kemungkinan penyebab:
a. Terjadi  kelemahan  pada  pegas suspensi depan
b. Kelainan pada oli suspensi.
c. Oli suspensi kuranq.
6.       suspensi  depan  keras,  kemungkinan penyebab:
a. Terjadi kebengkokan pada bagian-bagian suspensi.
b. Terjadi sumbatan pada jalur-jalur olidi dalam pipa suspensi.
c. Kesalahan   pada   pengisian   oli suspensi.

GANGGUAN SUSPENSI BELAKANG
1.       Suspensi  terlalu  lemah,  kemungkinan penyebab:
- Pegas suspensi lemah.
- Kebocoranolipada damper unit.
- Penyetelan kurang Tepat.
2.       Suspensi  terlalu  keras,  kemungkinan penyebab:
- Kesalahan pada pemasangan sistim penahanan suspensi.
- Penyetelan kurang tepat.
- Swing arm pivot bengkok.
- Kerusakan pada swing arm pivot bearing.
- Kesalahan pada suspensi linkage.
- Kerusakan  pada  linkage pivot bearing.

0 komentar:

Posting Komentar

 
| Bloggerized by - Premium Blogger Themes | cheap international calls