Macam-macam Suspensi Depan
Suspensi Link
|
Telescopic Piston Valve
|
Telescopic Free Valve
SUSPENSI TELESCOPIC PISTON VALVE
Jika front fork pipe tertarik ke atas, minyak mengalir dari ruang A ke ruang C, dan dari ruang B kembali ke A.
Lubang-lubang kecil antara ruang A dan B menimbulkan tahanan terhadap aliran minyak, sehingga kejutan yang diterima front fork pipe dapat diredam.
Jika front fork pipe tertarik keluar sampai mendekati batas maksimum, maka “pipe guide” menutupi lubang-lubang minyak, sehingga minyak di ruang B terkunci. Minyak yang terkunci di ruang Bmemberikan tahanan pada pergherakan front fork pipe.
SUSPENSI TELESCOPIC FREE VALVE
LANGKAH KOMPRESI ( Saat Ban Kontak dengan kondisi jalan bergelombang/naik gelombang jalan )
Pipe front fork tertekan ke bawah oli mengalir dari ruang B melalui lubang orifice menuju ke ruang C. Oli di ruang B juga menekan free valve, menerobos free valve menuju ruang A. Tahanan aliran oli berfungsi untuk meredam gerakan kejut. Jika front fork menerima tekanan yg lebih besar, bag ujung dari oil lock piece menahan gerakan garpu sebelum menyentuh bag bawah.
LANGKAH EKSPANSI
( Saat ban mulai turun dari puncak gelombang jalan )
Pipe front fork tertarik ke atas, oli dalam ruang A mengalir ke ruang C, melalui lubang orifice yg berada pd bag atas fork piston. Tahanan aliran oli berfungsi untuk meredam gerakan kejut dari mengembangnya pegas. Jika terjadi kejutan yg lebih besar rebound spring akan bekerja dan oli akan mengalir dari ruang C menuju ke ruang B, melalui lubang orifice yg berada di bag bawah piston fork.
SUSPENSI TELESCOPIC FREE VALVE
LANGKAH KOMPRESI ( Saat Ban Kontak dengan kondisi jalan bergelombang/naik gelombang jalan )
ipe front fork tertekan ke bawah oli mengalir dari ruang B melalui lubang orifice menuju ke ruang C. Oli di ruang B juga menekan free valve, menerobos free valve menuju ruang A. Tahanan aliran oli berfungsi untuk meredam gerakan kejut. Jika front fork menerima tekanan yg lebih besar, bag ujung dari oil lock piece menahan gerakan garpu sebelum menyentuh bag bawah.
LANGKAH EKSPANSI ( Saat ban mulai turun dari puncak gelombang jalan )
Pipe front fork tertarik ke atas, oli dalam ruang A mengalir ke ruang C, melalui lubang orifice yg berada pd bag atas fork piston. Tahanan aliran oli berfungsi untuk meredam gerakan kejut dari mengembangnya pegas. Jika terjadi kejutan yg lebih besar rebound spring akan bekerja dan oli akan mengalir dari ruang C menuju ke ruang B, melalui lubang orifice yg berada di bag bawah piston fork.
LANGKAH EKSPANSI
( Saat ban mulai turun dari puncak gelombang jalan )
Pipe front fork tertarik ke atas, oli dalam ruang A mengalir ke ruang C, melalui lubang orifice yg berada pd bag atas fork piston. Tahanan aliran oli berfungsi untuk meredam gerakan kejut dari mengembangnya pegas. Jika terjadi kejutan yg lebih besar rebound spring akan bekerja dan oli akan mengalir dari ruang C menuju ke ruang B, melalui lubang orifice yg berada di bag bawah piston fork.
SUSPENSI TELESCOPIC FREE VALVE
LANGKAH KOMPRESI ( Saat Ban Kontak dengan kondisi jalan bergelombang/naik gelombang jalan )
ipe front fork tertekan ke bawah oli mengalir dari ruang B melalui lubang orifice menuju ke ruang C. Oli di ruang B juga menekan free valve, menerobos free valve menuju ruang A. Tahanan aliran oli berfungsi untuk meredam gerakan kejut. Jika front fork menerima tekanan yg lebih besar, bag ujung dari oil lock piece menahan gerakan garpu sebelum menyentuh bag bawah.
LANGKAH EKSPANSI ( Saat ban mulai turun dari puncak gelombang jalan )
Pipe front fork tertarik ke atas, oli dalam ruang A mengalir ke ruang C, melalui lubang orifice yg berada pd bag atas fork piston. Tahanan aliran oli berfungsi untuk meredam gerakan kejut dari mengembangnya pegas. Jika terjadi kejutan yg lebih besar rebound spring akan bekerja dan oli akan mengalir dari ruang C menuju ke ruang B, melalui lubang orifice yg berada di bag bawah piston fork.
0 komentar:
Posting Komentar